http://snack.to/pun070el

Minggu, 03 Juni 2012

setting dasar untuk scene interior dalam vray for sketchup

Posted in sketchup tuts by cakpii on Juni 2, 2008
Ditulis oleh Corey Rubadue
Versi asli dalam bahasa inggris http://www.asgvis.com/
Diterjemahkan oleh Rofii
Tujuan tutorial ini adalah untuk membantu mengatur setting sebuah scene interior menggunakan V-Ray Rectangular Light dan Physical Camera dalam V-Ray for Sketchup
Setting dasar Render
Global Switches>Gamma 2.2 (Nilai/values yang lain tetap)

Camera>Physical Camera enabled>Still Camera>Shutter speed 125>Film Width 36>Zoom 1>F-number 10>Film Speed (ISO) 800>Exposure enabled>Vignetting enabled

Environment/Sky>GI enabled 1.4>Texture Editor (klik dua kali pada “m”) Common>Type Sky>Multiplier 1.5 (Nilai/values yang lain tetap)

Image Sampler>Adaptive QMC>Min 1 Max 16>Antialiasing enabled>Area 1.5

Color Mapping>HSV Exponential>Dark 1 Bright 1

Indirect Illumination>GI enabled>Primary engine Irradiance Map Secondary engine Light Cache

Irradiance Map>Min -3 Max 0>HSph Subdivs 50>Samples 20 (Nilai/values yang lain tetap)
Untuk test render yang cepat, anda bisa mengurangi HSph Subdivs menjadi 30 dan Max Rate menjadi -2

Light Cache>Subdivs 750>Sample Size 0.01>Scale Screen>Num Phases 2 (setara nilai prosessor)
Untuk tes render yang cepat, kurangi nilai Subdivs menjadi 500 dan naikkan Sample Size menjadi 0.02

Setting Scene
Gambar 1 menunjukkan sebuah scene interior. Tujuannya adalah untuk merender scene interior tersebut menggunakan VRay Rectangular Light dan VRay Physical Camera. Yang penting untuk diperhatikan adalah VRay mengunakan setting lokasi dan waktu berdasarkan Sketchup Shadow Settings.
Gambar 1: Scene Interior dalam Sketchup
Pada scene interior ini, sebuah VRay Rectangular Light diletakkan langsung di luar jendela (seperti pada gambar 2). Warna dari Rectangular Light adalah biru muda untuk menyesuaikan dengan warna langit. Sedangkan Nilai Multiplier 30, Invisible enabled, No Decay enabled, Ignore Light Normal enabled.
Gambar 2: VRay Rectangular Light
Catatan : Jika anda mengaktifkan “Show Calculation Phase” pada Irradiance Rollout dan Light Cache Rollout, maka anda akan bisa melihat proses kalkulasi dan distribusi cahaya (seperti pada gambar 3 & 4)
Gambar 3: Proses Kalkulasi Light Cache
Gambar 4: Proses Kalkulasi Irradiance Map
Gambar 5: Hasil akhir Render menggunakan Vray for Sketchup
Setting pada Vray for Sketchup dapat disimpan (save) dan digunakan lagi untuk untuk scene yang lain. Buka Render Options toolbar, pilih File>Save, Load atau Restore Default. Secara umum, ada tiga kualitas render dalam setting VRay for Sketchup, yaitu low, medium dan high quality.
Metoda di atas hanyalah salah satu dari sekian banyak cara yang lain. Semakin sering anda mencoba berlatih maka anda akan terlatih dan mendapatkan settingan yang sesuai dengan yang anda inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar